BISNIS DIGITAL

Jurusan Bisnis Digital adalah salah satu jurusan yang ada di SMK PGRI 1 Kudus. Pada awalnya jurusan ini bernama Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) pertama didirikan pada tahun 1981.

Bisnis digital adalah sebuah konsentrasi keahlian jurusan pada bidang Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen yang mempelajari keilmuan dan praktik dibidang bisnis digital dan manajemen pemasaran. Program keahlian Bisnis Digital SMK PGRI 1 Mejobo Kudus mengembangkan kurikulum yang ada dengan mengkombinasikan kurikulum dengan industri terkait dengan jurusan sebagai kurikulum berbasis industri. Kurikulum yang disesuaikan dengan industri menyiapkan peserta didik SMK memiliki kompetensi bidang Bisnis Digital dan Pemasaran yang berstandar internasional dan berbasis industri, sekaligus sebagai upaya untuk membuka peluang bekerja di bidang Bisnis Digital seperti Conten Creator, Digital Marketing, Affiliator, dan di bidang pelayanan jasa seperti Customer Servise, Pramuniaga, Kasir, staf administrasi gudang dan lain sebagainya. Program keahlian Bisnis Digital juga membekali siswa untuk berwirausaha atau menjadi enterpreneur.

Visi Misi Jurusan Pemasaran

VISI:

Menyiapkan tenaga kerja yang profesional, berkualitas dan religius di bidang bisnis digital dan manajemen pemasaran untuk menghadapi persaingan di era global. Serta membekali siswa dengan ketrampiran, pengetahuan, sikap yang mandiri untuk mampu melanjutkan di pendidikan kuliah.

MISI:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia industri.
  • Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang siap kerja dan melanjutkan wirausaha di bibidang bisnis digital dan manajemen pemasaran.
  • Menjadi mitra kunci perusahaan dalam membangun model bisnis dan memberikan umpan balik terhadap strategi pemasaran digital yang terpercaya.

TUJUAN:

  1. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang Bisnis Digital dan Manajemen Pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan industry.
  2. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan prima terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak
  3. Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, wawasan, teknologi agar menjadi enterpreneur muda yang berjiwa tangguh, optimis di era persaingan digital.
  4. Menciptakan lulusan yang siap kerja dan mengikuti perubahan zamam di era digital.

FASILITAS PEMBELAJARAN

Di SMK PGRI 1 jurusan Pemasaran/Marketing Memiliki Laboratorium Pemasaran atau Fasilitas Pembelajaran yang lengkap:

  • Gedung
  • Ruang Kelas
  • Lab Komputer
  • Ruang Presentasi
  • Lab Blibli(didukung oleh Blibli.com)

STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN

Materi yang dipelajari pada Jurusan Pemasaran/Marketing meliputi beberapa materi antara lain sebagai berikut:

  • Ekonomi Bisnis dan Administrasi Umum (memahami administrasi dan fungsi manajemen)
  • Perencanaan Bisnis (membuat perencaan bisnis)
  • Komunikasi Bisnis (Customer Servise & Tele Marketing)
  • Digital Branding (mampu membuat branding)
  • Digital Onboarding (melakukan aktivasi penjualan online dan ritel)
  • Digital Marketing (melakukan promosi di social media marketing dan melakukan promosi di marketplace)
  • Digital Operation (membuat laporan pembelian dan penjualan ritel dan online)
  •  

UJI KOMPETENSI

Kompetensi yang akan diujikan pada peserta didik jurusan Pemasaran/Marketing adalah Sebagai berikut:

  1. Membuat conten promosi berbasis digital
  2. Membuat strategi pemasaran bisnis online dan ritel
  3. Melakukan aktifitas penjualan di social media marketing atau marketplace
  4. Membuat laporan laba rugi perusahaan

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Praktek kerja lapangan siswa/i Kompetensi Keahlian Pemasaran/Marketing dilaksanakan selama 6 bulan di beberapa IDUKA diantaranya:

  • Blibli.com
  • PT RAMAYANA
  • Matahari
  • Hypermart
  • FIF Group (Telephone Markering)
  • Xtiproperty