PEMASARAN

Jurusan Pemasaran/Marketing pada SMK PGRI 1 Kudus adalah jurusan yang mempelajari tentang analisis pasar, perencanaan pemasaran, pembuatan iklan dan promosi, serta manajemen produk dan jasa. Program ini juga dapat mempersiapkan murid untuk bekerja di bidang pemasaran atau bisnis setelah lulus.

Visi Misi Jurusan Pemasaran

VISI:

MISI:

TUJUAN:

  1. Menciptakan lulusan bidang pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan industri
  2. Menciptakan lulusan yang siap kerja dan mengikuti perubahan zaman
  3. Menciptakan peserta didik yang dapat memahami proses bisnis industri dan pemasaran
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwaentrepreneur di bidang pemasaran
  5. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam setiap kosentrasi Bisnis Daring dan Pemasaran(Marketing, Kasir, Pramuniaga, Customer Service, Entrepreneur)
  6. Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, wawasan, teknologi agar menjadi entrepeneur muda dan mampu mengembangkan diri secara mandiri dikemudian hari maupun melanjutkan pada jenjang pendidikan lebih tinggi.

FASILITAS PEMBELAJARAN

Di SMK PGRI 1 jurusan Pemasaran/Marketing Memiliki Laboratorium Pemasaran atau Fasilitas Pembelajaran yang lengkap:

  • Gedung
  • Ruang Kelas
  • Lab Komputer
  • Ruang Presentasi
  • Lab Blibli(didukung oleh Blibli.com)

STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN

Materi yang dipelajari pada Jurusan Pemasaran/Marketing meliputi beberapa materi antara lain sebagai berikut:

  • Membuat Laba(untung/rugi)
  • Sampel Produk
  • Iklan Promosi untuk Produk
  • Mempresentasikan Produk yang Dibuat
  • Penataan Produk
  • Proses Pembuatan Kwitansi
  • Strategi Pemasaran

UJI KOMPETENSI

Kompetensi yang akan diujikan pada peserta didik jurusan Pemasaran/Marketing adalah Sebagai berikut:

  • Menghitung Laba dan Rugi
  • Membuat Laporan Laba
  • Presentasi Pengenalan Produk
  • Membuat Promosi untuk Produk
  • Memasarkan Produk dengan Strategi Pemasaran

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Praktek kerja lapangan siswa/i Kompetensi Keahlian Pemasaran/Marketing dilaksanakan selama 6 bulan di beberapa IDUKA diantaranya:

  • Ramayana
  • Matahari Dept. Store
  • Hypermat
  • Blibli.com