Categories
Artikel Fasilitas dan Sarana Informasi Kegiatan Sekolah

Pentingnya Perpustakaan sebagai Fasilitas Pembelajaran

Pentingnya Perpustakaan sebagai Fasilitas Pembelajaran

Kehadiran perpustakaan

Kehadiran dan Pentingnya Perpustakaan sebagai fasilitas pendukung di sebuah lembaga atau sekolah telah menjadi perhatian yang cukup lama, karena banyak yang menganggapnya masih memerlukan perhatian khusus. Ini terlihat dari kemajuan perpustakaan yang kurang memadai dan kurangnya minat pengguna untuk mengunjungi serta memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang penting.

Definisi Perpustakaan

Secara sederhana, perpustakaan adalah lembaga penyedia sumber belajar yang mengumpulkan berbagai jenis informasi, seperti buku dan bahan non-buku, yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna seperti guru, siswa, dan masyarakat dalam usaha untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Dengan menggunakan perpustakaan, kita dapat mengakses data dan informasi yang diperlukan untuk memecahkan berbagai masalah, sebagai sumber referensi untuk pembuatan kebijakan tertentu, serta untuk berbagai kebutuhan pembelajaran. Perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan pengetahuan bagi mereka yang menggunakannya.

Pentingnya Perpustakaan SMK PGRI 1 Kudus Pentingnya Perpustakaan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus

Perpustakaan SMK PGRI 1 Kudus

Tujuan Kegiatan Perpustakaan

Tujuan dari kegiatan perpustakaan di SMK PGRI 1 Kudus adalah untuk memupuk minat membaca pengguna, memperkenalkan teknologi informasi, mendorong akses mandiri terhadap informasi, dan mengembangkan bakat serta minat pengunjung perpustakaan. Dalam konteks proses belajar-mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah berperan penting dalam meningkatkan partisipasi siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Dalam perannya, perpustakaan adalah mitra belajar siswa, memberikan panduan dan pendidikan kepada siswa tentang cara menggunakan perpustakaan dan sumber informasi, menyediakan informasi yang selalu terkini, serta menyediakan ruang untuk belajar, berdiskusi, dan melakukan penelitian. Singkatnya, perpustakaan adalah “Sumber Belajar” yang dapat diakses dari berbagai sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah.

Pengertian sumber belajar, menurut Association for Education Communication Technology (AECT), adalah berbagai jenis sumber, termasuk data, individu, atau materi tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran, baik secara terpisah maupun dalam kombinasi, untuk memudahkan mereka mencapai tujuan pembelajaran.

Peran Pentingnya Perpustakaan

Perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat umum maupun pendidikan formal. Dengan kata lain, perpustakaan berperan dalam usaha meningkatkan tingkat pendidikan bangsa.

Namun, ada beberapa tantangan dalam mengembangkan perpustakaan sebagai sumber belajar, seperti:

Kebanyakan sekolah masih belum memiliki tenaga pengelola Pentingnya Perpustakaan yang profesional.
Perpustakaan belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai penyedia sumber belajar.
Koleksi buku yang wajib dan buku pendukung belum sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
Ruang, meja, dan kursi untuk membaca belum memadai jika dibandingkan dengan jumlah siswa, guru, dan tenaga pendidik di sekolah.
Jika ingin melakukan penelitian lebih mendalam, peluang untuk lebih memaksimalkan peran perpustakaan telah terbuka lebar. Ada dasar-dasar yang mendukung pengembangan perpustakaan sekolah, termasuk:

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menjadi dasar bagi kita dan memungkinkan semua lembaga pendidikan formal dilengkapi dengan sarana dan prasarana, termasuk perpustakaan.
  2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 23 yang mengamanatkan bahwa sekolah harus mengalokasikan minimal 5% dari APBS untuk pengembangan perpustakaan.
  4. Ada metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif di mana siswa diharapkan untuk mengembangkan dan memperdalam materi yang telah diajarkan oleh guru.

Ada berbagai upaya yang harus dilakukan untuk memaksimalkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar, termasuk:

  • Menyediakan koleksi bahan bacaan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Meningkatkan layanan perpustakaan agar menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.
  • Menjadwalkan waktu atau jam kunjungan ke perpustakaan dengan memberikan tugas kepada siswa untuk aktif mencari informasi di perpustakaan.
  • Mengintegrasikan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Peran guru dan pengelola perpustakaan tidak bisa diabaikan dalam keberhasilan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar. Peran guru sangat penting karena guru adalah individu yang paling sering berinteraksi dengan siswa dan memiliki hubungan langsung dengan pembelajaran serta membimbing siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dalam proses pembelajaran. Hal yang sama berlaku untuk peran pengelola perpustakaan. Pengelola perpustakaan bertanggung jawab dalam mengelola informasi dan melaksanakan program perpustakaan sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dengan bantuan mereka, komunitas sekolah akan menjadi lebih berpengetahuan, produktif, dan berkualitas.

Dari uraian singkat tadi, jelas bahwa sarana yang memadai harus mendukung proses belajar di lingkungan sekolah, termasuk perpustakaan sekolah yang berfungsi sebagai sumber belajar siswa. Perpustakaan sekolah memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, dan peran tersebut dapat berjalan efektif jika mendapat dukungan dari semua pihak yang terkait, seperti pembuat kebijakan di tingkat departemen, daerah, dan sekolah (kepala sekolah, guru, dan pengelola perpustakaan). Hal ini akan mencapai hakikat bahwa “Perpustakaan adalah Pusat Sumber Belajar.”

 

Pentingnya Perpustakaan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus gambar Penataan Buku Pada Perpustakaan Pentingnya Perpustakaan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus gambar Penataan Buku Pada Perpustakaan SMK

Perpustakaan SMK PGRI 1 Kudus

Daftar Pustaka/ Sumber Artikel Pentingnya Perpustakaan

  • Darmono, 2004. Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Cetakan ke-2. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia
  • Darmono, 2007. “Pengembangan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar” dalam Jurnal Perpustakaan Sekolah, Tahun 1 – Nomor 1 – April 2007
  • Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  • Indonesia. Undang-undang No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
  • Arsidi dkk. Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Tenaga Perpustakaan Sekolah di Jakarta, 2012.
  • Publikasi PPPPTK Matematika Yogyakarta. (2012, July 1). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar.

Terima Kasih telah membaca artikel Pentingnya Perpustakaan sebagai Fasilitas Pembelajaran SMK PGRI 1 Kudus Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *